About

Jumat, 20 November 2015

Urbanisasi


URBANISASI BUKANLAH HAL YANG WAJIB DILAKUKAN




  Yaa bertemu lagi dengan saya putra di blog galabambu.blogspot.co.id sebelumnya saya sudah membahas mengenai kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat dan saat ini saya akan membahas mengenai urbanisasi di Indonesia
         Urbanisasi, menurut saya urbanisasi adalah suatu perpindahan masyarakat dari pedesaan menuju perkotaan, kenapa mereka ingin pergi ke perkotaan? Yaa yang saya ketahui ada beberapa factor yang membuat masyarakat desa ingin pergi ke kota besar, seperti mereka beranggapan bahwa dengan pergi perkotaan mereka akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan penghasilan ditempat asalnya, padahal penghasilan di kota-kota besar juga tidak jauh berbeda dengan di pedesaan, lalu ada juga yang berkeinginan untuk mencari pendidikan sebaik mungkin, yaa memang rata-rata untuk kegiatan belajar mengajar diperkotaan lebih baik dibandingkan dari pada dipedesaan tetapi dengan harga pendidikan yang tidak murah pula. Dan hal ini dapat menyebabkan masyarakat diperkotaan bertambah banyak setiap tahunnya. Yaa memang hal ini menguntungkan untuk pemerintahan kota itu sendiri akibat adanya urbanisasi pajak untuk pemerintah kota juga akan bertambah dan pembangunan kota juga akan lebih cepat tetapi disamping itu urbanisasi juga membuat pemerintah kota kebingungan dari penyediaan lapangan pekerjaan, penyediaan tempat tinggal, bahakan ada juga warganya yang tidak terdaftar saking banyaknya penduduk dikota tersebut. Saking banyaknya penduduk desa yang berurbanisasi bagaimana keadaan desa yang telah ditinggalnya, hal ini akan membuat para petani menjadi berkurang padahal negara Indonesia adalah negara agraris, bayangkan jika semua orang didesa pindah kekota terus tidak ada petani, siapa yang akan menanam beras ? mau makan apa masyarakat Indonesia kalau tidak ada beras? Apakah cuman mau import terus ? yaa jelas tidak kan, lagian banyak pula para penduduk desa yang berurbanisasi dan tidak kuat dengan keadaan diperkotaan sehingga dia menjadi pengangguran padahal kalau misalnya dia masih didesa dia dapat bertani, berkebun, berternak dan apapun itu dari pada menganggur

       Saya ingin menceritakan sedikit kejadian teman saya, jadi sekita satu tahun yang lalu saya berkenalan dengan pemuda melalui game online sebut namannya galih, galih ini adalah pemuda yang berbakat lulusan smk terbaik di desanya dank arena dia merasa mempunyai bakat pergilah dia ke Jakarta untuk bekerja, setelah sampainya dia di Jakarta dia langsung mencari pekerjaan di kota tersebut, berkali-kali dia melamar pekerjaan tetapi selalu ditolak, suatu hari ada seorang laki-laki yang ingin membantunya tetapi dia malah tertipu oleh laki-laki tersebut habis sudah uang dia. Dan akhirnya karena dia sudah tidak punya apa apa lagi dia menjadi pemulung untuk mendapatkan uang dan kembali ke desanya, berbulan-bulan dia menjadi pemulung akhirnya uang nya cukup untuk dia kembali ke desanya, setelah dia sampe didesa dia berkeinginan kuliah sehingga dia dapat sukses walaupun didesa dan akhirnya dia diterima di universitas airlangga.

       Yaa saran dari saya sebaiknya jika kalian ingin urbanisasi kalian harus mempunyai kenalan yang dapat dipercaya, skill yang sedang dibutuhkan, dan harus tau keadaan di perkotaan sehingga ada tidak sampai tertipu. Yaa alangkah baiknya sih kalian membangun pedesaan sehingga keadaan didesa bisa seperti di perkotaan dari segi ekonomi dan pendidikannya.

         Yaa sekian penulisan blog dari saya, bila ada kata yang kurang berkenan mohon maaf, saya putra dan terimakasih telah membaca blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar