About

Senin, 02 Januari 2017

Game Theory


Game Theory

Teori permainan adalah "studi tentang model matematika dari konflik dan kerjasama antara rasional pengambil keputusan cerdas." teori permainan terutama digunakan dalam bidang ekonomi, ilmu politik, dan psikologi, serta logika, ilmu komputer dan biologi. Awalnya, itu ditujukan zero-sum game, di mana keuntungan satu orang mengakibatkan kerugian bagi peserta lain. Hari ini, teori permainan berlaku untuk berbagai hubungan perilaku, dan sekarang menjadi istilah umum untuk ilmu pengambilan keputusan logis pada manusia, hewan, dan komputer.

Teori permainan modern dimulai dengan ide tentang adanya campuran-strategi kesetimbangan dalam dua-orang zero-sum game dan bukti yang oleh John von Neumann. bukti asli von Neumann digunakan Brouwer fixed-point Teorema pada pemetaan terus menerus ke set cembung kompak, yang menjadi metode standar dalam teori permainan dan matematika ekonomi. makalahnya diikuti oleh Teori 1.944 buku Permainan dan Perilaku Ekonomi, co-ditulis dengan Oskar Morgenstern, yang dianggap permainan kooperatif beberapa pemain. Edisi kedua buku ini memberikan teori aksiomatik dari utilitas yang diharapkan, yang memungkinkan ahli statistik matematika dan ekonom untuk mengobati pengambilan keputusan di bawah ketidakpastian.

Teori ini dikembangkan secara luas di tahun 1950-an oleh banyak ulama. teori permainan kemudian secara eksplisit diterapkan untuk biologi pada 1970-an, meskipun perkembangan serupa kembali setidaknya sejauh tahun 1930-an. teori permainan telah diakui secara luas sebagai alat penting di berbagai bidang. Dengan Nobel Memorial Prize dalam Ilmu Ekonomi akan permainan teori Jean Tirole pada tahun 2014, sebelas game-teori sekarang telah memenangkan ekonomi Hadiah Nobel. John Maynard Smith dianugerahi Hadiah Crafoord untuk aplikasi tentang teori permainan biologi.


SEJARAH
Diskusi awal contoh permainan dua orang terjadi jauh sebelum munculnya teori permainan modern, matematika. Diskusi pertama yang diketahui dari teori permainan terjadi di sebuah surat yang ditulis oleh Charles Waldegrave, sebuah Jacobite aktif, dan paman James Waldegrave, seorang diplomat Inggris, di 1713. Dalam surat ini, Waldegrave memberikan solusi minimax strategi campuran untuk versi dua orang dari permainan kartu le Her, dan masalah yang sekarang dikenal sebagai masalah Waldegrave. James Madison membuat apa yang sekarang kita kenal sebagai analisis teori permainan satu cara negara dapat diharapkan untuk berperilaku di bawah sistem yang berbeda dari perpajakan. Dalam bukunya 1838 Recherches sur les principes mathématiques de la théorie des richesses (Penelitian ke dalam Prinsip Matematika Teori Kekayaan), Antoine Augustin Cournot dianggap duopoli dan menyajikan solusi yang versi terbatas dari ekuilibrium Nash.

Pada tahun 1913 Ernst Zermelo diterbitkan Über eine Anwendung der Mengenlehre auf die Theorie des Schachspiels. Ini membuktikan bahwa strategi catur yang optimal secara ketat ditentukan. Ini membuka jalan bagi teorema umum lebih. 429

Denmark matematika Zeuthen membuktikan bahwa model matematika memiliki strategi menang dengan menggunakan Brouwer point Teorema tetap. Pada tahun 1938 nya buku Aplikasi aux Jeux de Hasard dan catatan sebelumnya, Émile Borel terbukti teorema minimax untuk dua orang zero-sum game matrix hanya ketika matriks pay-off adalah simetris. Borel menduga bahwa tidak adanya campuran-strategi kesetimbangan dalam dua-orang zero-sum game akan terjadi, konjektur yang terbukti palsu.

Teori permainan tidak benar-benar ada sebagai bidang yang unik sampai John von Neumann menerbitkan sebuah makalah pada tahun 1928. Bukti asli von Neumann digunakan fixed-point Teorema Brouwer pada pemetaan terus menerus ke set cembung kompak, yang menjadi metode standar dalam teori permainan dan matematika ekonomi. makalahnya diikuti oleh Teori bukunya 1944 dari Permainan dan Perilaku Ekonomi co-ditulis dengan Oskar Morgenstern. Edisi kedua buku ini memberikan teori aksiomatik utilitas, yang reinkarnasi teori lama Daniel Bernoulli utilitas (uang) sebagai disiplin independen. karya von Neumann dalam teori permainan memuncak pada tahun 1944 buku ini. kerja dasar ini berisi metode untuk menemukan solusi yang saling konsisten untuk dua orang zero-sum game. Selama periode waktu berikutnya, bekerja pada teori permainan terutama difokuskan pada teori permainan koperasi, yang menganalisis strategi optimal untuk kelompok individu, menganggap bahwa mereka dapat menegakkan kesepakatan di antara mereka tentang strategi yang tepat.
Pada tahun 1950, pembahasan matematika pertama dilema narapidana muncul, dan percobaan dilakukan oleh matematikawan terkenal Merrill M. Banjir dan Melvin Dresher, sebagai bagian dari penyelidikan RAND Corporation dalam teori permainan. RAND mengejar studi karena kemungkinan aplikasi strategi nuklir global. Sekitar waktu yang sama, John Nash mengembangkan kriteria untuk saling konsistensi strategi pemain, yang dikenal sebagai Nash equilibrium, berlaku untuk berbagai lebih luas dari permainan dari kriteria yang diusulkan oleh von Neumann dan Morgenstern. keseimbangan ini cukup umum untuk memungkinkan analisis permainan non-kooperatif di samping yang kooperatif.


                                                                                                            Selanjutnya di Game Theory
Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar