BANYAK PEMAIN DAN PERMAINAN PENDUDUK
Game dengan sewenang-wenang, tetapi
terbatas, jumlah pemain yang sering disebut game n-orang. teori permainan
evolusi menganggap permainan yang melibatkan populasi pengambil keputusan, di
mana frekuensi yang keputusan tertentu dibuat dapat berubah dari waktu ke waktu
dalam menanggapi keputusan yang dibuat oleh semua individu dalam populasi.
Dalam biologi, ini dimaksudkan untuk model (biologis) evolusi, di mana
organisme genetik diprogram menyampaikan beberapa program strategi mereka untuk
anak-anak mereka. Dalam ilmu ekonomi, teori yang sama dimaksudkan untuk
menangkap perubahan populasi karena orang bermain game berkali-kali dalam hidup
mereka, dan secara sadar (dan mungkin rasional) strategi switch.
HASIL STOCHASTIC
Masalah keputusan
individu dengan hasil stochastic kadang-kadang dianggap "salah-pemain
game". Situasi ini tidak dianggap permainan teoritis oleh beberapa
penulis. Mereka dapat dimodelkan menggunakan alat serupa dalam disiplin terkait
dari teori keputusan, riset operasi, dan bidang kecerdasan buatan, khususnya AI
perencanaan (dengan ketidakpastian) dan multi sistem agen. Meskipun bidang
tersebut mungkin memiliki motivator yang berbeda, matematika terlibat secara
substansial sama, misalnya menggunakan proses keputusan Markov (MDP).
Hasil Stochastic juga
dapat dimodelkan dalam hal teori permainan dengan menambahkan pemain secara
acak bertindak yang membuat "kesempatan bergerak" ( "bergerak
oleh alam"). Pemain ini tidak biasanya dianggap sebagai pemain ketiga
dalam apa yang sebaliknya permainan dua pemain, tetapi hanya berfungsi untuk
memberikan gulungan dadu mana yang dibutuhkan oleh permainan.
Untuk beberapa masalah,
pendekatan yang berbeda untuk hasil pemodelan stokastik dapat menyebabkan
solusi yang berbeda. Misalnya, perbedaan dalam pendekatan antara MDP dan solusi
Minimax adalah bahwa yang terakhir menganggap terburuk selama satu set bergerak
permusuhan, bukan penalaran dalam harapan tentang gerakan ini diberi distribusi
probabilitas tetap. Pendekatan minimax mungkin menguntungkan di mana model
stokastik ketidakpastian tidak tersedia, tetapi juga dapat melebih-lebihkan
peristiwa yang sangat tidak mungkin (tapi mahal), secara dramatis bergoyang
strategi dalam skenario tersebut jika diasumsikan bahwa musuh bisa memaksa
peristiwa seperti itu terjadi. (Lihat teori Hitam swan untuk diskusi lebih
lanjut tentang isu semacam ini modeling, terutama yang berkaitan dengan
memprediksi dan membatasi kerugian dalam investasi perbankan.)
Model umum yang
mencakup semua unsur hasil stochastic, lawan, dan sebagian atau bising
observability (bergerak dengan pemain lain) juga telah dipelajari.
"Standar emas" dianggap sebagian diamati stochastic permainan (POSG),
tapi beberapa masalah realistis komputasi layak dalam representasi POSG.
METAGAMES
Metagames ini adalah game play
yang merupakan pengembangan dari aturan untuk permainan lain, target atau
subjek permainan. Metagames berusaha untuk memaksimalkan nilai utilitas dari
set aturan dikembangkan. Teori metagames adalah terkait dengan teori desain
mekanisme.
Analisis jangka
metagame juga digunakan untuk merujuk kepada pendekatan praktis yang dikembangkan
oleh Nigel Howard. dimana situasi dibingkai sebagai permainan strategis di mana
para pemangku kepentingan mencoba untuk mewujudkan tujuan mereka dengan cara
pilihan yang tersedia bagi mereka. Perkembangan selanjutnya telah menyebabkan
perumusan analisis konfrontasi.
POOLING GAME
Pooling Game ini adalah game yang berlaku atas
segala bentuk masyarakat. Pooling permainan diulang bermain dengan mengubah
hasil tabel pada umumnya lebih dari satu jalur yang berpengalaman dan strategi
keseimbangan mereka biasanya mengambil bentuk konvensi sosial evolusi dan
konvensi ekonomi. Pooling teori permainan muncul untuk secara resmi mengakui
interaksi antara pilihan yang optimal dalam satu bermain dan munculnya datang
tabel payoff jalan pembaruan, mengidentifikasi keberadaan invarian dan
ketahanan, dan memprediksi varians dari waktu ke waktu. Teori ini didasarkan
pada klasifikasi transformasi topologi update tabel payoff dari waktu ke waktu
untuk memprediksi varians dan invarian, dan juga dalam yurisdiksi hukum
komputasi optimal dicapai untuk sistem memerintahkan.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar