Jenis Permainan
KOPERASI / NON-KOPERASI
Sebuah permainan yang kooperatif jika pemain mampu membentuk komitmen yang mengikat secara eksternal ditegakkan (misalnya, melalui hukum kontrak). Sebuah permainan yang non-kooperatif jika pemain tidak dapat membentuk aliansi atau jika semua perjanjian harus diri menegakkan (misalnya, melalui ancaman yang kredibel).
Sebuah permainan yang kooperatif jika pemain mampu membentuk komitmen yang mengikat secara eksternal ditegakkan (misalnya, melalui hukum kontrak). Sebuah permainan yang non-kooperatif jika pemain tidak dapat membentuk aliansi atau jika semua perjanjian harus diri menegakkan (misalnya, melalui ancaman yang kredibel).
permainan kooperatif sering dianalisis melalui kerangka teori permainan kooperatif, yang berfokus pada memprediksi yang koalisi akan membentuk, tindakan bersama bahwa kelompok mengambil dan hadiah kolektif yang dihasilkan. Hal ini bertentangan dengan teori permainan non-kooperatif tradisional yang berfokus pada memprediksi tindakan dan hadiah individu pemain 'dan menganalisis Nash kesetimbangan.
teori permainan kooperatif memberikan pendekatan tingkat tinggi karena hanya menggambarkan struktur, strategi dan hadiah dari koalisi, sedangkan teori permainan non-kooperatif juga terlihat bagaimana prosedur tawar akan mempengaruhi distribusi hadiah dalam setiap koalisi. Seperti teori permainan non-kooperatif lebih umum, permainan kooperatif dapat dianalisis melalui pendekatan teori permainan non-kooperatif (sebaliknya tidak tahan) asalkan asumsi yang cukup dibuat untuk mencakup semua strategi yang mungkin tersedia untuk pemain karena kemungkinan penegakan eksternal kerjasama. Sementara itu sehingga akan optimal untuk memiliki semua game dinyatakan di bawah kerangka kerja non-kooperatif, dalam banyak kasus informasi yang cukup tersedia untuk model akurat prosedur formal yang tersedia untuk para pemain selama proses perundingan strategis, atau model yang dihasilkan akan menjadi terlalu tinggi kompleksitas untuk menawarkan alat praktis dalam dunia nyata. Dalam kasus tersebut, teori permainan kooperatif memberikan pendekatan yang disederhanakan yang memungkinkan untuk menganalisa permainan pada umumnya tanpa harus membuat asumsi tentang kekuatan tawar
SIMETRIS / ASIMETRIS
Sebuah permainan simetris adalah permainan di mana hadiah untuk memainkan
strategi tertentu hanya tergantung pada strategi lain yang digunakan, bukan
pada siapa yang bermain mereka. Jika identitas para pemain dapat diubah tanpa
mengubah hasil untuk strategi, maka permainan simetris. Banyak sering
dipelajari 2 × 2 game simetris. Representasi standar ayam, dilema
narapidana, dan perburuan rusa semua game simetris.
Beberapa Ulama akan mempertimbangkan game asimetris tertentu sebagai contoh
permainan ini juga. Namun, hadiah yang paling umum untuk masing-masing
permainan ini adalah simetris.
Paling sering dipelajari permainan asimetris adalah permainan di mana tidak
ada set strategi identik untuk kedua pemain. Misalnya, permainan ultimatum dan
juga permainan diktator memiliki strategi yang berbeda untuk masing-masing
pemain. Hal ini dimungkinkan, namun, untuk permainan untuk memiliki strategi
yang sama untuk kedua pemain, namun menjadi asimetris. Misalnya, permainan
digambarkan di sebelah kanan asimetris walaupun memiliki set strategi yang sama
untuk kedua pemain.
ZERO-SUM / NON-ZERO-SUM
Zero-sum game adalah kasus khusus dari konstan-sum game, di mana pilihan
oleh pemain tidak dapat meningkatkan atau menurunkan sumber daya yang tersedia.
Dalam zero-sum game total manfaat bagi semua pemain dalam permainan, untuk
setiap kombinasi strategi, selalu menambah nol (lebih informal, manfaat pemain
hanya dengan mengorbankan sama lain). Poker mencontohkan sebuah zero-sum game
(mengabaikan kemungkinan cut rumah itu), karena salah satu menang persis jumlah
lawan satu kalah. Lainnya permainan zero-sum termasuk uang yang cocok dan
paling permainan papan klasik termasuk Go dan catur.
Banyak permainan dipelajari oleh ahli teori permainan (termasuk dilema narapidana terkenal ini) adalah non-zero-sum game, karena hasilnya memiliki hasil bersih yang lebih besar atau lebih kecil dari nol. Informal, non-zero-sum game, keuntungan satu orang pemain tidak selalu sesuai dengan kerugian oleh yang lain.
Konstan-sum game sesuai dengan kegiatan seperti pencurian dan perjudian, tetapi tidak untuk situasi ekonomi yang mendasar di mana ada potensi keuntungan dari perdagangan. Hal ini dimungkinkan untuk mengubah permainan apapun menjadi (mungkin asimetris) zero-sum game dengan menambahkan pemain boneka (sering disebut "papan") yang kerugian kompensasi kemenangan net pemain '.
SIMULTAN / SEQUENTIAL
Permainan simultan adalah permainan di mana kedua pemain bergerak secara bersamaan, atau jika mereka tidak bergerak secara bersamaan, para pemain kemudian tidak menyadari tindakan pemain sebelumnya '(membuat mereka efektif simultan). game berurutan (atau permainan dinamis) adalah permainan di mana pemain kemudian memiliki pengetahuan tentang tindakan sebelumnya. Ini tidak perlu informasi yang sempurna tentang setiap tindakan dari pemain sebelumnya; mungkin pengetahuan yang sangat sedikit. Misalnya, pemain mungkin tahu bahwa pemain sebelumnya tidak melakukan satu tindakan tertentu, sementara ia tidak tahu yang mana dari tindakan lain yang tersedia pemain pertama benar-benar dilakukan.
Permainan simultan adalah permainan di mana kedua pemain bergerak secara bersamaan, atau jika mereka tidak bergerak secara bersamaan, para pemain kemudian tidak menyadari tindakan pemain sebelumnya '(membuat mereka efektif simultan). game berurutan (atau permainan dinamis) adalah permainan di mana pemain kemudian memiliki pengetahuan tentang tindakan sebelumnya. Ini tidak perlu informasi yang sempurna tentang setiap tindakan dari pemain sebelumnya; mungkin pengetahuan yang sangat sedikit. Misalnya, pemain mungkin tahu bahwa pemain sebelumnya tidak melakukan satu tindakan tertentu, sementara ia tidak tahu yang mana dari tindakan lain yang tersedia pemain pertama benar-benar dilakukan.
Perbedaan antara permainan simultan dan sekuensial ditangkap dalam representasi yang berbeda dibahas di atas. Seringkali, bentuk normal digunakan untuk mewakili game simultan, sedangkan bentuk yang luas digunakan untuk mewakili orang-orang berurutan. Transformasi yang luas untuk bentuk normal adalah satu arah, yang berarti bahwa beberapa permainan yang luas-bentuk sesuai dengan bentuk normal yang sama. Akibatnya, gagasan kesetimbangan untuk permainan simultan tidak mencukupi untuk penalaran tentang game berurutan; melihat kesempurnaan subgame.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar